Harga Genset Yamaha 500 Watt : Kiat-kiat Untuk Pemula

Harga genset yamaha 500 watt berkisar Rp 2,5 juta sampai Rp 3 jutaan. Jenis genset ini dengan ukuran 500 watt sangat cocok digunakan untuk kegiatan outdoor yang tidak bisa tersambung dengan tenaga listrik. Kapasitasnya juga cocok digunakan untuk kegiatan di luar, seperti speaker, lampu penerangan, dan yang lain. Ukurannya yang kecil dapat dengan mudah dibawa kemana pun. Sebagian menggunakan genset ini untuk dirumah tentu setelah diperhitungkan dengan kebutuhan listrik dirumahnya. Meskipun begitu, sebelum membeli jenis genset yamaha 500 watt ini ada baiknya anda mengetahui beberapa tips untuk pengguna genset pemula agar tidak salah pengoperasian dan benar sehingga terhindar dari kerusakan dan bahaya. Berikut beberapa kiat-kiat yang dapat dilakukan oleh pengguna genset pemula:

a. Pastikan Bahan Bakar Terpenuhi
Sebenarnya dalam mengoperasikan genset tidak ada pengoperasian yang baku. Namun untuk berjaga-jaga jika tidak ada orang yang dapat menghidupkan genset itu selain anda maka dari itu artikel ini akan membahas beberapa tipsnya. Pertama pastikan bahan bakarnya terpenuhi. Hal ini dilakukan jika genset yang digunakan menggunakan bahan bakar, berbeda jika genset anda menggunakan baterai. Untuk jenis yamaha 500 watt biasanya berbentuk portable dan menggunakan bahan bakar. Sebelum menyalakan genset periksa terebih dahulu bensinnya. Jika habis, isi bensin jangan terlalu penuh dan jangan terlalu sedikit.

b. Periksa Oli Mesin
Tidak hanya kendaraan saja yang menggunakan oli, genset pun begitu. Untuk oli ini periksa genset yamaha anda sudah terpenuhi sesuai dengan kapasitas oli genset tersebut. Yang penting sebagai catatan, memasukkan oli ke dalam genset jangan terlalau penuh. Bukan karena diisi full lantas genset akan lebih bagus, justru sebaliknya. Genset yang diisi oleh oli terlalu banyak tidak akan bekerja dengan baik. Genset tersebut dapat berjalan tidak normal. Seperti ada sebuah benda yang mengganjal dan akhirnya akan tersendat sampai tidak menyala. Penggunaan oil ini disesuaikan dengan oil bawaan mesin gensetnya. Jika anda ingin mengganti merk oil, bisa dengan mengganti oli yang mendekati dengan oli sebelumnya.

c. Perhatikan Kondisi Accu
Accu ini merupakan salah satu komponen dalam genset yang memiliki fungsi untuk membantu genset menyala sebagaimana mestinya. Untuk mengetahui kinerja accu baik atau tidak, anda bisa mencoba menyalakan mesin genset dan saat generator menyala dan mesin nyala dengan semestinya maka disitulah accu berfungsi dengan baik. Begitupun sebaliknya jika anda menemukan genset yang tidak menyala setelah beberapa kali di starter itu artinya accu tidak berjalan dengan baik. Hal yang bisa anda lakukan jika berada di situasi tersebut yaitu dengan membawa accu ke tempat penyetrum agar listriknya berfungsi lagi. Kemungkinan yang terjadi accu yang ada dalam genset anda soak.

d. Periksa Ohm Saklar Dipindahkan
Meskipun anda pemula, tentu anda harus tahu komponen apa saja yang ada di genset yang anda miliki. Kiat-kiat untuk pemula selanjutnya yaitu memindahkan ohm saklar. Ohm saklar dipindahkan sebelum anda menyalakan generator. Untuk arus PLN di offkan dan untuk generator sudah dalam posisi ON. Kiat ini dilakukan agar terhindar dari kesalahan pengoperasian. Jika anda tidak tahu posisi dari masing-masing komponen, mintalah penjelasannya kepada penjual genset yang anda beli.


Beberapa kiat tersebut dapat anda lakukan setelah membeli genset yamaha dengan kapasitas 500 watt. Untuk harga genset yamaha 500 watt masih terjangkau dengan kualitas yang baik dikelasnya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*